7 Makanan Penyebab Jerawat Dan Solusinya

Jerawat adalah penyakit kulit yang banyak jumlah penderitanya. Bahkan, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia Kligmann  berpendapat,"Tak ada seorangpun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya. Jerawat disebabkan pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.

Pemicu jerawat sendiri ada banyak penyebabnya. Antara lain perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit, menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, kosmetik, stress, dan makanan.

Dari kesekian penyebab mari kita bahas makan-makanan yang menimbulkan jerawat.

1. Gorengan
 
Hmm.. enak nih kayaknya apalagi dimakan dengan cabai rawit. Hm sedap…. stop dulu makannya apa ada tahu kalau gorengan dapat membuat jerawat? tahu kenapa? Jawabnya adalah karena minyak pada gorengan akan membuat timbulnya penyumbatan pada pori-pori kulit, dan gorengan juga membuat sel-sel kulit terlihat tua. Gorengan yang dapat membuat muka berjerawat adalah kentang goreng, tahu goreng, ayam goreng, dan berbagai olahan siap saji.
·         Solusi:
Anda harus mengganti gorengan dengan buah alpukat sebagai lemak sehat untuk tubuh.

2. Susu
 
Susu saya susu “bandara” hehehe…. Susu sapi itu mengandung banyak kalsium dan mineral. Namun hormon yang dihasilkan oleh susu sapi biasanya meningkatkan kadar minyak dalam tubuh itulah yang menyebabkan tumbuhnya jerawat.
·         Solusi:
Untuk mengganti susu anda bisa menggantinya dengan cemilan kacang almond dan santan kelapa. Atau baru-baru ini lagi ngetren susu kedelai juga bisa jadi alternatif.

3. Cokelat

 
Hmm ini dia makanan yang selalu ada saat valentine day. Sebenarnya coklat  tidak harus dihindari ataupun ditakuti sebagai penyebab timbulnya jerawat, hanya saja cokelat dapat memperparah jerawat yang telah ada.
·         Solusi
Bagi anda yang memiliki jerawat yang dan belum juga sembuh. Lebih baik jauhi cemilan coklat dan mencari cemilan lebih sehat yang tidak mengandung gula berlebih. 

4. Alkohol
 Eit eit eit… ini nih makanan favorit galauers.. Alkohol sangat tidak diperbolehkan karena sering disalahgunakan, bukan hal baru lagi kalau alkohol sangat berdampak jelek bagi tubuh, selain membuat kesadaran peminumnya berkurang alkohol juga dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi dan membuat kulit menjadi kering. Sehingga saat kondisi kulit telah kering jerawat akan lebih cepat muncul.
·         Solusi:
Tutupen oplosanmu..  emanen nyawamu.. ojo mbok terus-teruske… mas bro dan mbak sis.

5. Kerang-kerangan
 kerang-kerangan ini bukan kerang mainan loh ya. Hehehe. Balik maning ke Laptop. Ngomong soal olahan kerang-kerangan. makanan seafood ini memiliki banyak nutrisi dan vitamin, tetapi tahukah anda makanan yang berjenis kerang-kerangan berdampak negatif pada kulit apabila dikonsumsi setiap hari dan dalam jangka panjang karena akan membuat kulit rusak secara perlahan.
·         Solusi:
Jangan jadikan kerang-kerangan sebagai menu seafood keseharian anda, dan sayuran adalah pengganti yang tepat.

6. Garam
 Makanan akan terasa hambar bila tanpa garam. Namun mengkonsumsi garam secara berlebih akan membuat tubuh menahan banyak air. Yang mengakibatkan terjadinya peradangan kulit, membuat warna kulit tidak merata bahkan bercak-bercak pada kulit.
·         Solusi:
Solusi yang tepat tidak lain tidak bukan adalah tidak mengkonsumsi garam secara berlebih. Apalagi kasinan… euhhh… hehehe


7. Karbohidrat Olahan
 Karbohidrat olahan seperti roti putih, kue tar, dan pasta ini mengandung gula yang meningkatkan tingkat insulin pada tubuh, sehingga dapat menyebabkan hormon testosterone meningkat yang dapat membuat pori-pori tersumbat dan hal ini adalah pemicu timbulnya jerawat.
·         Solusi:
Mengganti makanan karbohidrat olahan dengan karbohidrat alami. Dan nasi mungkin lebih cocok untuk orang Indonesia.


Itu tadi adalah 7 makanan penyebab timbulnya jerawat dan penyebab kerusakan pada kulit. Namun makanan tersebut tidak perlu dijauhi atau berhenti total mengkonsumsi, tetapi dikurangi saja.
Terlepas dari makanan tersebut, berolahraga secara teratur, mengkonsumsi air putih yang cukup, dan tetapkan pola hidup sehat dapat mengurangi resiko tumbuhnya jerawat.
Semoga bermanfaat.

0 komentar :

Posting Komentar